12 Hal Yang Harus Anda Hindari di Facebook

HAL YANG HARUS DIHINDARI FACEBOOKER
Facebook.com, hampir semua orang sudah mengenal situs jejaring sosial yang satu ini. Facebook telah menyedot banyak penggunya tanpa mengenal usia, baik itu dari kalangan masyarakat menengah, masyarakat awam, anak muda, bahkan anak-anak sampai orang tua pun sudah memiliki akun facebook.

Facebook adalah salah satu website sosial networking yang didirikan oleh Mark Zuckerberg, yaitu seorang mahasiswa di Harvard University. Situs ini telah di luncurkan sejak 4 Febuari 2004 silam. Meski Facebook telah lahir sejak tahun 2004 namun penggunaan situs jejaring sosial ini baru meningkat pesat di Indonesia pada tahun 2008 dan mampu merobohkan posisi situs jejaring yang populer sebelumnya yaitu Friendster. Pada April 2010 penggunaan Facebook di Indonesia meledak, kira-kira mencapai 21.195.800 orang.

Tak heran, sekarang ini anak-anak dibawah umur pun sudah memiliki akun Facebok sendiri, walaupun sebenarnya Facebook memiliki batas minimal umur untuk membuat akun Facebook. Namun akun Facebook mereka dibuatkan oleh orangtuanya. Bagi para orangtua yang membuatkan akun Facebook untuk anaknya yang masih di bawah umur haruslah selalu mengawasi aktifitas anak-anak mereka, supaya tidak melakukan hal-hal negatif yang dapat merusak moral mereka.

Pada umumnya hampir semua orang di Indonesia sudah memiliki akun Facebook. Hal ini diperkuat oleh dampak dari globalisasi dan kemajuan teknologi. Sekarang ini jutaan orang sudah bisa online setiap harinya dikarenakan fasilitas internet yang memang sangat mudah untuk didapatkan, dan mereka tidak hanya online dengan menggunakan komputer, tapi mereka sudah dapat mengakses Facebook melalu ponsel mereka kapan saja dan dimana saja.

Banyak sekali orang-orang yang kecanduan Facebook, mereka merasa ada yang kurang jika belum update status atau upload foto, bahkan ada juga yang hanya menghabiskan waktunya untuk Facebookan seharian tanpa menghiraukan pekerjaan lain.

Baca juga: 2 Jurus Ampuh Agar Status Facebook Anda Banyak Yang Suka

Padahal jika kita bisa memaksimalkan Facebook dengan baik tentu saja ada banyak sekali hal-hal positif yang bisa kita ambil, namun jika tidak maka Facebook hanya akan merugikan diri kita sendiri. Tidak sedikit para pengguna Facebook yang merasa dirugikan dan terancam, ada juga yang harus berurusan dengan pihak yang berwajib gara-gara kelalaian mereka. Berikut ini ada 12 hal penting yang harus anda hindari selama anda masih menjadi seorang Facebooker. Apa-apa saja? Langsung saja disimak.

1. Membuka Facebook dengan Komputer Umum
Tanpa kita sadari, ternyata membuka facebook menggunakan komputer umum seperti komputer kantor tempat anda bekerja, komputer warnet ataupun komputer teman anda. Ini sangat berbahaya bagi akun facebook anda, apalagi jika anda lupa untuk logout/keluar dari akun. Para penjahat bisa saja dengan mudah mencuri akun anda. Mereka hanya perlu membuka facebook.com/hacked dan mengganti password serta email nya.

Hal serupa pernah saya temui disebuah warnet, ketika saya membuka situs facebook ternyata sudah masuk ke sebuah akun facebook teman satu sekolah saya. Tapi saya tidak mau mengambil akun orang lain dan langsung logout dari akun, keesokan harinya saya baru menemuinya dan memberitahu dia agar lebih berhati-hati jika membuka facebook di warnet atau komputer umum.

Namun jika anda suka online menggunakan komputer umum jangan lupa untuk selalu logout dari akun anda dan menghapus cache atau riwayat penjelajahan, hal ini demi keamanan akun facebook anda agar terhindar dari hacker.

2. Login ke Situs yang Mirip Facebook
Dunia semakin canggih dan pengetahuan orang-orang seputar teknologi pun semakin luas, apalagi mengenai bahasa pemograman. Banyak sekali di media internet yang memberikan pembelajaran seputar pemograman seperti HTML dan PHP secara gratis. Hal ini bisa dimanfaatkan para hacker untuk membuat situs facebook Fake atau situs facebook palsu untuk mengelabui para facebooker dan mendapatkan akun mereka.

Pernah sekali saat saya sedang browsing di internet dan secara tidak sengaja saya mendapatkan sebuah situs yang 80% mirip dengan facebook. situs facebook palsu tersebut mencoba melakukan penipuan kepada para pengguna Facebook dengan membuat halaman login yang mirip dengan halaman login facebook. Biasanya situs palsu ini melakukan phishing dengan merekam usename dan password user facebook yang diisi oleh user dan menyimpannya dalam database situs mereka. Selanjutnya setelah mereka mendapatkan password korban maka dengan mudah mereka mengambil alih account facebook korban, dan si korban hanya bisa pasrah melihat halaman facebooknya diobok-obok oleh orang yang tidak bertanggung jawab.
Berikut ini adalah screenshot perbedaan antara halaman login facebook asli dan facebook palsu:
Login facebook asli
Halaman Login Facebook Asli
Login facebook palsu
Halaman Login Facebook Palsu
Jika kita perhatikan sekilas, kedua gambar tersebut memang hampir mirip. Hanya saja yang membedakannya adalah pada button login dan signup. Kemudian facebook asli membutuhkan nama depan dan nama belakang sedangkan facebook palsu hanya membutuhkan full name atau nama lengkap. Jika kita tidak terlalu memperhatikan maka kita akan tertipu dan langsung login menggunakan facebook fake atau facebook palsu.

Untuk membedakan mana yang asli dan yang palsu harap agar selalu mengecek url atau alamat pada address bar browser anda dan pastikan alamatnya adalah http://www.facebook.com
url facebook asli
URL Facebook Asli
url facebook palsu
URL Facebook Palsu

3. Memberikan Password kepada Orang Lain
Pernahkah anda memberikan password akun facebook anda kepada seseorang? Pacar misalanya, atau teman dekat anda?
Sebelum memberikan password atau kata sandi facebook anda kepada seseorang alangkah bijaknya jika anda mengenali dan mempelajari dulu sifat orang tersebut. Memang kehidupan didunia facebook adalah kehidupan maya, tentu saja berbeda dengan kehidupan didunia nyata. Namun para penjahat pun tidak hanya ada didunia nyata saja, tapi didumay juga tak sedikit orang yang ingin berbuat jahat, mencuri akun facebook anda misalnya. Hal ini bisa saja terjadi jika anda memberikan password atau email anda kepada sembarangan orang.

Bagaimana jika memberikan password facebook kepada pacar? Kan tidak mungkin pacar yang kita cintai tega mencuri akun facebook kita?
Iya, tentu saja pacar kita tidak akan mencuri facebook kita. Tapi apakah dia akan selamanya menjadi pacar kita? Atau nantinya hanya akan menjadi mantan? Kenapa dia menjadi mantan? Pastinya karena ada perselisihan antara mereka. Dan saat menjadi mantan tidak menutup kemungkinan jika dia ingin mengoprek akun facebook anda karena sakit hati.
Tidak hanya itu, bahkan ada juga para pasangan yang berantem dan berkelahi karna kesalahpahaman di facebook.

Saya sendiri tidak pernah memberikan password facebook saya kepada siapapun, termasuk pacar saya. Banyak teman-teman yang saya survey juga mengatakan bahwa mereka tidak suka hal-hal yang mengandung privasi itu dibagi-bagikan kepada siapapun, temasuk ke pacar. Lagian pacar itu belum tentu akan menjadi suami atau istri kita, kan? ‘gak perlu lah..

Beberapa minggu yang lalu salah seorang langganan tempat saya berjualan pernah bercerita bahwa beliau dan suaminya tidak pernah saling add di facebook, apalagi berbagi password. Menurut beliau itu tidak perlu. Alhamdulillah pernikahan beliau dan suaminya tetap harmonis.

Apa sih tujuan kita mengetahui password facebook pasangan? Untuk mengecek aktifitasnya di dunia maya karena anda takut bahwa pasangan anda berselingkuh dengan teman mayanya? Saya bisa mengatakan kegiatan cek mericek ini adalah suatu kegiatan yang sia-sia dan tidak berguna. Lho.. kok ‘tidak berguna? Penting kali lah itu, biar kita tahu gerak-gerik dia.
Kenapa saya bilang gak berguna? Silahkan disimak alasan berikut:
  • Dapat menimbulkan kesalahpahaman
    Jika saja ada beberapa orang yang komen foto, atau jawab status facebook kita, si pacar ini langsung ngambek, terus marah. Akibat salahpaham sama komen dari orang-orang. Kemudian si pacar itu bakal mencurigai dan mengawasi gerak-gerik kita terus. Percaya deh gak enak banget rasanya menjalani suatu hubungan dengan seseorang yang meragukan kita.
  • Dapat menimbulkan perkelahian
    Gara-gara kesalahpahaman komentar dan chat di facebook bisa berujung menjadi perkelahian. Baik perkelahian seperti adu mulut atau maen pukul-pukul. Ahh... paraaahhh udah kayak film Mr. and Mrs. Smith. Baru pacaran aja udah berkelahi, apalagi kalau udah nikah nanti? Gila.
  • Privasi kita terganggu
    Ruang privasi kita serta merta tidak ada, bukan bermaksud untuk tidak mempercayai pacar atau pasangan memegang facebook kita, namun kita berhak memiliki ruang privasi. Apalagi bila sedang ada masalah dengan pasangan, kita bisa menghilangkan penat dengan bermain facebook sekalian cahtting atau curhat dengan beberapa teman.
Jika ditelusuri lebih jauh, ternyata facebook sangat sadis, Hubungan percintaan anda yang tadinya adem-adem saja bisa tiba-tiba berubah gara-gara facebook. Jika saja ada yang tidak disukai pasangan, pasti langsung dia hapus, setelah itu pasti langsung marah-marah. Terus berantem. Namun, marilah kita mencoba untuk berfikir secara realita. Masa’ hubungan cintamu mau dikalahkan sama facebook sih??? Pakai logika dong...

Dalam suatu hubungan percintaan yang diperlukan adalah rasa saling percaya, bukan saling curiga. Biarkan saja pasangan anda dengan facebooknya, dan biarkan pula ia berekspresi disitu. Toh anda juga bisa kan? Bila ia tak memberikan password facebooknya, anda jangan marah. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki hal-hal yang bersifat privasi yang tidak bisa kita bagikan ke pacar atau pasangan.

Baca juga: Ini Dia Cara Terbaru Mengetahui ID Facebook Anda

4. Mengupload foto-foto yang tidak pantas
Mengupload foto di facebook memang sudah menjadi sebuah keharusan, tak lengkap rasanya jika akun facebook kita tidak dilengkapi dengan foto, layaknya sayur tanpa garam.
Memang sih setiap orang bebas berekspresi di facebook dengan mengupload foto-foto kesukaanya, Namun anda harus berhati-hati dalam memilih foto sebelum anda upload ke facebook. Karena bisa saja nyawa anda jadi terancam gara-gara foto anda di facebook.

Seperti kasus seorang pria yang dibunuh kawanan perampok gara-gara memamerkan kekayaanya facebook.
screenshoot perampokan
Screenshot berita pembunuhan Tony Harris
Pria tersebut bernama Tony Harris (50 tahun), ia dibunuh oleh sekelompok perampok gara-gara ia mengunggah foto istrinya Amber Crane sambil memegang tumpukan uang senilai puluhan ribu dolar.
Saya salah meletakkan US$ 60.000. Semoga istri saya tak menghabiskan semuanya...
Tony Harris
Seperti dilansir dailymail, tiga minggu kemudian setelah Tony mengupload foto uang tersebut, Tony kedatangan perampok yang menyelinap masuk ke rumahnya. Kemudian ia ditodong dengan pistol di kepalanya, sedangkan istrinya ditodong oleh perampok lain. Perampok pun menggeledah rumah Tony untuk mencari uangnya. Namun, saat Tony mengatakan bahwa uang itu sebenarnya tidak ada, perampok itu marah dan menembak kepala Tony hingga ia tewas di tempat.

Ketiga anak Tony dan juga istrinya menjadi saksi atas pembunuhan tersebut. Pihak polisi mengatakan bahwa pembunuhan Tony ini memang disebabkan gara-gara Tony pamer uang di Facebook.
“Sebenarnya uang itu tidak ada. Perampok tersebut berusia antara 17 sampai 19 tahun,” kata Kepala Investigasi Pembunuhan Kepolisian Philadelphia, James Clar.

Sungguh tragis, gara-gara asal-asalan upload foto di facebook bisa saja merenggut nyawa anda. Itulah mengapa anda harus berhati-hati memilih foto sebelum anda bagikan di facebook.

Selain itu, ada juga beberapa foto yang memang dilarang oleh pihak facebook untuk di upload, seperti foto-foto yang mengandung unsur kekerasan, pencabulan, vulgar, porno, seksual. Facebook juga melarang usernya agar tidak mengupload foto-foto illegal sesuai dengan ketentuan mereka. Tak sedikit foto-foto yang dihapus pihak facebook karna melanggar kebijakan konten mereka, dan bahkan ada juga akun facebook yang dinonaktifkan karna berulang kali mengunggah foto yang melanggar. Maka berhati-hatilah dalam memilih foto sebelum anda upload ke facebook, tinjau dahulu apakah foto tersebut bertentangan dengan kebijakan konten atau tidak, jika memang bertentangan akan lebih baik jika foto tersebut tidak anda unggah.

5. Berteman dengan orang yang salah
Faktanya memang jika kita berteman dengan orang-orang yang baik maka niscaya kita pun akan menjadi baik, begitu juga sebaliknya jika kita berteman dengan orang-orang yang jahat maka kita pun akan menjadi jahat. kecuali jika memang kita bisa mengontrol diri kita untuk tidak ikut berbuat jahat, tapi itu adalah hal yang sangat sulit karena jika kita tidak ikut berbuat jahat otomatis mereka tidak mau berteman dengan kita.

Tidak hanya di facebook, di dunia nyata pun kita harus pandai dalam memilih dan memilah teman. Dengan siapa kita berteman dan seperti apa teman kita kemungkinan kita juga akan punya pribadi atau sikap yang sama dengan mereka.

Sekarang ini para pengguna facebook lebih-lebih pengguna lokal atau facebooker indonesia sudah banyak yang memalsukan identitasnya dengan tujuan tertentu. Orang-orang seperti ini biasanya adalah tipe orang yang tidak punya rasa tanggung jawab terhadap segala aktifitas yang dilakukannya di jejaring sosial. Oleh sebab itu kita harus berhati-hati dalam memilih teman di facebook yang belum kita kenal.

Berikut ini ada beberapa tips sederhana sebelum anda menambahkan seseorang sebagai teman anda di facebook, hal ini sangat penting supaya anda tidak berteman dengan orang yang salah:
  • Sebelum anda menambahkan seseorang sebagai teman atau menkonfirmasi permintaan pertemanan dari seseorang, perhatikan dulu link-link apa saja yang dia "like/sukai". Jika memang terdapat beberapa link yang mengandung pornografi, link yang jorok, dan link kebencian, bisa dipastikan dia dan teman-temannya adalah orang yang tidak baik. Segera urungkan niat anda untuk meng-add atau mengkonfirmasi pertemanan dengan orang-orang yang seperti ini.
  • Lihat dulu aktivitasnya di setiap status-statusnya atau komentar-komentar pada status teman-temannya. Jika banyak kata-kata yang tidak bermanfaat, tidak etis, tidak patut, kasar, kata-kata jorok, dan semacamnya. Hindari saja orang-orang seperti ini. Carilah teman yang setiap status dan komentarnya selalu memberikan manfaat dan memotivasi orang lain.
  • Lihat nama profilnya. Jangan pernah berteman dengan orang-orang yang nama profilnya aneh-aneh, nama yang tidak mengandung nama sebenarnya atau nama palsu seperti nama yang terlalu panjang, nama yang mengandung kata-kata kotor, dll.
  • Lihat foto-foto yang dipasang di profilnya atau foto-foto yang diupload ke akun facebooknya. Apakah ada foto-foto dirinya atau hanya foto-foto palsu milik orang lain yang dipasang untuk mengibuli/membohongi facebooker lain, bahkan foto-foto yang mengandung pornografi, kekerasan, jorok, dll. Hindari saja orang ini.
  • Jangan silau dengan jumlah banyaknya "teman" yang mereka miliki atau jumlah like pada foto dan statusnya. kita tak perlu untuk berlomba-lomba untuk memperbanyak teman tanpa tau teman tersebut orang yang baik atau jahat. Menganggap gengsi kalau tidak punya anggota teman yang banyak itu salah, karena jumlah teman belum tentu menunjukkan kalau dia adalah orang yang baik. Bisa jadi, lingkungan teman-teman mereka adalah lingkungan yang rusak. Lebih baik punya teman sedikit tapi baik, daripada punya teman banyak tapi dilingkungan rusak.
Kita tak perlu merasa pesimis dulu akan tidak mendapatkan teman-teman yang baik di facebook, karena masih banyak juga orang-orang baik, orang-orang yang memanfaatkan jejaring sosial dengan tujuan baik, orang-orang yang menggunakan nama yang real atau identitas yang sebenarnya. Mereka punya proteksi, mereka juga pastinya akan memilih teman-teman yang baik pula.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Status/Komentar Biru di Facebook

Sesekali ada baiknya juga jika anda mencari teman-teman yang berasal dari luar negeri. Ini akan lebih baik daripada memilih teman-teman lokal tapi banyak yang palsu dan tidak bertanggung jawab. Dengan teman-teman luar negeri, anda dapat belajar bahasa Asing. Mengingat kemampuan bahasa Asing orang Indonesia masih rendah bila dibandingkan dengan negara-negara lain.

Satu hal yang sangat penting adalah jika ada teman di akun facebook anda yang tidak baik dan mencurigakan segera remove/blokir, karena akun facebook orang-orang yang tidak baik itu akan menular akan masuk juga ke akun teman-teman anda yang lainnya.

6. Mengupdate status dalam keadaan emosional
Mungkin hal ini anda anggap hal yang sepele, namun ternyata akibatnya sangatlah fatal. Biasanya saat seseorang mempunyai masalah dengan temannya di dunia nyata mereka sering menyindir bahkan menjelek-jelekkan dan menghinanya di facebook. Jika saja dia membaca status anda dan merasa tersinggung lalu melaporkannya kepada pihak yang berwajib, anda bisa saja dituntut dan akhirnya mendekam di penjara. Dipidana gara-gara update status facebook? Sereeemmmm gan...

Seperti kasus yang menimpa Yusniar(27), seorang ibu rumah tangga yang didakwa kasus dugaan penghinaan dan pencemaran nama baik legislator DPRD Jeneponto, Sudirman Sijaya melalui status Facebook dituntut lima bulan penjara.
Perbuatan IRT asal Makassar itu dinyatakan melanggar pasal 45 ayat 1 dan pasal 27 ayat 3 undang undang nomor 11 tahun 2008 tentang Informasi dan Elektronik.

Sebenarnya hal serupa bukan hanya Yusniar saja yang mengalaminya, banyak juga para facebooker lain yang mengalami nasib yang sama dengannya. Oleh karena itu kita harus extra hati-hati saat mengupdate status di facebook apalagi jika kita dalam keadaan emosional.

7. Terlalu percaya pada orang yang baru dikenal
Disaat seseorang mempunyai masalah dengan dunia nyatanya seperti masalah percintaan, masalah keluarga, ataupun masalah lainnya biasanya orang tersebut akan curhat pada teman-teman facebooknya. Ini merupakan salah satu kebiasaan dan kelemahan facebooker terlebih-lebih adalah facebooker cewek dan ini akan menjadikan sebuah peluang bagi para penjahat untuk masuk kedalam dunia anda.

Biasanya para penjahat akan dengan senang hati mendengarkan curhat anda, memberikan anda nasehat, mengajukan pendapat dan menghibur anda. Sehingga anda akan merasa senang, nyaman dan selalu tersenyum jika chatting dengan dia. Jika hal itu terjadi berarti anda sudah berada didalam perangkapnya.

Jika anda sudah dekat dengannya biasanya dia akan mengajak anda ketemuan, dan pada saat itulah dia akan menjahati anda.

Seperti kasus baru-baru ini terjadi di Denpasar, yang menimpa seorang gadis berusia 15 tahun, ia dilarikan oleh kenalannya di media sosial yang bernama AS (19). Ia kemudian disembunyikan di kamar kos pemuda itu selama 11 hari.
Screenshot Penculikan
Sumber detikcom
Ini merupakan perkara melarikan anak di bawah umur dan dugaan persetubuhan dengan anak di bawah umur...
-Reinhard Nainggolan
Begitulah kata Kasat Reskrim Polresta Denpasar Kompol Reinhard Nainggolan melalui pesan singkat kepada detikcom, Senin (16/1/2017). Namun Polisi belum mengungkap identitas korban, termasuk inisialnya.

Kasus ini berawal ketika orang tua pelajar kelas 2 SMP itu mengkhawatirkan putri mereka yang tak pulang sejak 3 Januari 2017. Karena itu, orang tua korban melaporkan hal ini kepada polisi pada 10 Januari 2017.
Korban pergi dari rumah dan tidak bisa dihubungi. Pada tanggal 14 Januari 2017, korban ditemukan di kos terlapor dan korban sudah tinggal satu kos dengan terlapor.
ujar Reinhard
Si gadis ditemukan di kamar kos yang berada di kawasan Jl Tukad Badung, Denpasar, Bali. Korban lalu diperiksa untuk divisum karena diduga telah terjadi persetubuhan di bawah umur.

Itulah akibatnya jika terlalu percaya pada teman facebook yang baru anda kenal. Berhati-hatilah dalam memilih teman, jangan mau jika dia mengajak anda ketemuan ditempat yang sepi atau gelap. Pilihlah tempat yang dekat dengan tempat tinggal anda dan tempat yang ramai pengunjung.

8. Mengaktifkan aplikasi yang berbahaya
Akhir-akhir ini sangat banyak sekali Aplikasi pihak ketiga yang dapat merugikan pengguna facebook dengan mencuri data pribadi para pengguna dan melakukan penipuan.

Seperti aplikasi baru di Facebook "Who is checking my profile?", atau "Who is glancing thorugh my profile?", atau "Who visited your profile?" dan yang sejenisnya. Aplikasi-aplikasi ini menjanjikan service/layanan untuk mencari tahu siapa saja yang sudah melihat profil Facebook seseorang. Bahkan ada pula yang memiliki detail laporan yang sangat mendalam. Sehingga banyak sekali facebooker yang tergiur dengan aplikasi yang satu ini.

Beberapa dari aplikasi ini kadang sangat mengganggu karena secara otomatis melakukan 'tag' foto dari teman-teman anda dan secara otomatis pula melayangkan komentar seolah-olah anda yang membuatnya. Bahkan ada pula yang mengirimkan banyak notifikasi baik di akun facebook teman maupun notifikasi email. Hal ini bagi sebagian orang terasa sangat mengganggu.

Berhati-hatilah dengan aplikasi-aplikasi tersebut. Telah ditegaskan oleh pihak Facebook bahwa tidak ada aplikasi apapun yang mampu melakukan layanan ini karena database traffic pada profile viewing merupakan privacy Facebook dan tidak bisa diakses oleh pihak ketiga. Jadi data laporan pageview profile dan jumlahnya sebenarnya adalah data palsu yang dibuat berdasarkan data profile teman yang anda miliki. Facebook memang belum memiliki aplikasi dan fitur tersendiri seperti Friendster yang telah memiliki semacam generator dan counter untuk mengetahui siapa dan jumlah orang yang telah melihat atau membuka profil kita. Aplikasi ini tidak hanya akan memasuki dan mengambil data dari wilayah privacy anda, karena pastinya juga akan mengurangi kenyamanan anda dalam menggunakan Facebook.

Selain itu, disinyalir aplikasi ini merupakan scam. Apa itu scam?
Scam merupakan cara hacker untuk mendapatkan uang dengan penipuan/pembohongan/pemalsuan termasuk diantaranya data diri, foto, surat, alamat, nomor telepon, dan dokumen palsu. Dari definisi ini dapat ditarik pula kesimpulan bahwa termasuk diantaranya adalah layanan/service aplikasi yang fraud atau palsu.

Parahnya, scam saat ini tidak hanya dilakukan dengan memberikan data palsu, namun juga dengan memasuki wilayah privasi seseorang melalui suatu trick/tipuan layanan agar orang tersebut tertarik dan bersedia menjadi konsumen. Dengan cara ini, data pelanggan, termasuk yang berkaitan dengan data keuangan (credit card number misalnya), bisa dicuri dan dimanfaatkan. Carding termasuk dalam kategori seperti ini.

Selain itu ada juga beberapa aplikasi yang mengambil akses token facebook anda seperti aplikasi Autolike dan Aplikasi Status Via. Hal yang perlu dicatat adalah jika akses token facebook anda ada ditangan orang lain, otomatis mereka bisa dengan mudah membuka akun anda tanpa harus login terlebih dahulu. Biasanya mereka akan melakukan spam dengan update status dan berkomentar tanpa sepengetahuan anda. Maka jauhilah aplikasi yang meminta token anda.

9. Memposting informasi rahasia
Mungkin anda iseng-iseng memposting informasi rahasia anda di facebook, seperti password facebook, password email, kata sandi paypal, kata sandi kartu Atm, nomor kartu kredit, dan hal-hal rahasia lainnya.

Biarpun hanya untuk iseng-iseng, sengaja atau tidak, membagikan info-info seperti itu sangatlah membahayakan akun anda. Para hacker akan dengan mudah membuka dan mengobok-obok akun anda.

10. Menganggap teman facebook itu nyata
Seperti yang sudah saya paparkan diatas, jangan mudah percaya pada orang yang baru anda kenal dan menganggap teman di facebook itu nyata. Memang sih kita bisa berteman dengan siapa saja, akan tetapi apa yang akan terjadi jika kita salah memilih teman?

Teman di dunia nyata dan teman di dunia maya itu tentu saja berbeda. Teman di dunia nyata kita tau rumahnya, anak siapa, dan bagaimana sifatnya. Sedangkan teman di dunia maya hanyalah sebuah ilusi saja yang kita tidak tau asalnya, kita tak dapat memegang tangannya, dan bahkan walaupun dia membalas chat anda dengan "hahahahahaha" tapi belum tentu dia itu tertawa.

Jadi jangan pernah menganggap teman di dunia maya itu sama dengan teman di dunia nyata. Bertemanlah hanya untuk sekedarnya saja.

11. Memberikan informasi yang lengkap
Saat pertama kali kita mendaftar di facebook, pastinya kita akan disuruh untuk mengisi daftar biodata diri seperti nama, riwayat pendidikan, alamat, pekerjaan dan lainnya. Data diri tersebut akan tampil di profil facebook dan akan bisa dilihat oleh semua pengguna facebook. Hal ini tentu tidak luput dari pelaku kriminal yang ingin mengetahui ciri-ciri korbannya.

Facebook anda akan lebih aman jika hal-hal yang detail dan penting tidak anda cantumkan di profil, seperti: Email, Nomor hp, pekerjaan, alamat rumah, status hubungan, tanggal lahir. Jika memang sudah terlanjur anda cantumkan beberapa hal tersebut, anda bisa menyembunyikannya dengan mengubah pengaturan privasinya dari "Publik" menjadi "Hanya saya" agar hanya anda saja yang bisa melihatnya.

Baca juga: Cara Mudah Membuat Status/Komentar Blank (kosong) di Facebook

12. Menjadikan facebook sebagai sebagai dunia nyata
Saat ini facebook sudah banyak sekali membius para penggunanya lebih-lebih adalah para remaja. Padahal ada banyak sekali manfaat jika kita bisa memaksimalkan facebook dan tentunya untuk hal-hal yang positif, akan tetapi tidak sedikit pula hal-hal yang negatif didalamnya jika kita salah jalur dalam mengoperasikan facebook, seperti:
  • Tidak peduli dengan sekitarnya
    Orang yang sudah kecanduan facebook, akan asyik dengan dunianya sendiri (dunia yang diciptakannya) sehingga tidak peduli dengan orang lain dan lingkungan di sekitarnya.
  • Kurangnya sosialisasi dengan lingkungan
    Ini dampak dari seringnya bermain facebook. Ini cukup mengkhawatirkan bagi perkembangan kehidupan sosial remaja. Mereka yang seharusnya belajar sosialisai dengan lingkungan justru lebih banyak menghabiskan waktu lebih banyak di dunia maya bersama teman-teman facebooknya yang rata rata membahas sesuatu yang tidak penting. Akibatnya kemampuan verbal anak menurun.
Itulah 12 hal penting yang harus anda hindari di facebook. Gunakanlah facebook sekedarnya saja, jangan terlalu larut dalam kemolekan dunia facebook dan mengabaikan dunia nyata anda, karena dunia nyata anda terlebih penting ketimbang dunia maya. Salam...

Sign up here with your email address to receive updates from this blog in your inbox.

2 Responses to "12 Hal Yang Harus Anda Hindari di Facebook"

  1. Halo semua, apakah Anda membutuhkan layanan peretasan?
    Kemudian menghubungi >>> NOBLEHACKER284@GMAIL.COM untuk layanan hacking yang terbaik.
    Jadilah memperingatkan, sebagian besar disebut hacker penipu,
    Aku tahu bagaimana sebenarnya hacker bekerja, mereka tidak pernah mengiklankan diri sedemikian sopan santun mudah percaya dan mereka selalu diskrit.
    Saya telah scammed berkali-kali putus asa mencoba untuk menemukan bantuan mendesak untuk mengubah nilai sekolah saya,
    akhirnya teman saya memperkenalkan saya kepada sekelompok hacker handal yang bekerja dengan kebijaksanaan dan memberikan segera,
    mereka melakukan segala macam hackings mulai dari;
    -Sales kartu ATM kosong.
    -hack ke akun email dan melacak lokasi email
    -semua akun media sosial,
    Database -sekolah untuk menghapus atau mengubah nilai,
    -Retrieval dari kehilangan file / dokumen
    -DUIs
    catatan-perusahaan dan sistem,
    account -Bank, rekening Paypal
    kartu -Credit hack
    -Credit skor hack
    -Monitor telepon dan alamat email
    Alamat IP -hack
    + Tekan ke panggilan siapa pun dan memantau percakapan mereka
    >>>> KONTAK >> NOBLEHACKER284@GMAIL.com
             **CATATAN**
    Mereka juga dapat mengajarkan cara untuk melakukan hal berikut dengan ada E-Book dan tutorial online
    * Apakah pasangan Anda kecurangan pada Anda? mereka dapat mengajarkan cara untuk
    - TAP KE PANGGILAN MEREKA DAN MONITOR PERCAKAPAN MEREKA
    * Email dan pesan teks intersepsi,
    * Hack dan menggunakan Kartu Kredit untuk berbelanja online,
    * Memantau telepon dan alamat email,
    * Hack Android dan iPhone Anda sendiri, dengan tanggapan langsung dan manfaat diskon referal

    ReplyDelete
    Replies
    1. Para hacker smakin merajalela... Yang terpenting adalah kita harus lebih berhati hati dalam menjaga informasi pribadi...

      Delete

Kata-kata dan bahasa anda adalah gambaran kualitas diri anda...